Teknik Elektro UGJ Perkenalkan Teknologi "SIPITEM"

Teknik Elektro UGJ Perkenalkan Teknologi "SIPITEM"

11/10/2022

Teknik Elektro

Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon memperkenalkan sekaligus mengimplementasikan Sistem Irigasi Pembangkit Instalasi Tenaga Matahari (Sipitem) di Desa Sinarancang Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.

Sipitem diujicobakan untuk membantu distribusi irigasi pertanian di lahan seluas 700 meter persegi dengan menggunakan solar panel untuk memaksimalkan daya listriknya.

Ketua Prodi Teknik Elektro Fakultas Tekhnik UGJ, Rindi Wulandari, S.ST., M.Si mengatakan, program ini merupakan ujicoba sebagai solusi untuk mengembangkan tekhnologi Pertanian, dengan harapan mampu meningkatkan produktifitas pangan.

"Kenapa kami pilih lokasinya disini, karena Desa Sinarancang memiliki lahan pertanian yang luas. Mudah-mudahan Sipitem bisa membantu petani dalam mengairi lahan pertanian," ucap Rindi Wulandari (29/9/2022)

Sementara Camat Mundu Anwar Sadat mengucapkan terimakasih dengan Program Sipitem yang dikembangkan Fakultas Tekhnik UGJ yang memperkenalkan Program ini di Desa Sinarancang.

"Semoga dengan adanya Program ini petani terbantu, dan nantinya produksi pertanian semakin meningkat," harap Anwar Sadat.

Ia menambahkan, Program Sipitem kedepannya diharapkan bisa diperluas lagi cakupan areal lahannya, sehingga bisa juga diterapkan di Desa-Desa lainnya yang ada di Kecamatan Mundu.