Teknik Elektro UGJ, Ikuti Pemeran Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIII Tahun 2022

Teknik Elektro UGJ, Ikuti Pemeran Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIII Tahun 2022

21/10/2022

Teknik Elektro

Program Studi Teknik Elektro mengikuti kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIII Tahun 2022, yang dibuka langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia, bertempat di Ballroom Aston Hotel Cirebon, Cirebon, pada Rabu - Jum'at (19-21/10/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Program Studi Teknik Elektro Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ)turut menampilkan inovasi Teknologi Tepat Guna khususnya di bidang pertanian, peternakan dan manufaktur
yang membuat inovasi Sistem Irigasi Pembangkit Instalasi Tenaga Matahari (Sipitem) yang terpasang di desa Sinarrancang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebons. Sipitem diujicobakan untuk membantu distribusi irigasi pertanian di lahan seluas 700 meter persegi dengan menggunakan solar panel untuk memaksimalkan daya listriknya.


Teknik Elektro UGJ juga memamerkan hasil karya dari mahasiswa yaitu Smart Egg Incubator, alat ini berfungsi untuk penetasan telur itik otomatis yang di lengkapi beberapa sensor untuk mengifisiensi waktu penetasan serta alat membuat Robot Manipulator Beroda yang dapat di aplikasikan di dunia industri.

Saat diwawancarai, Keprodi Teknik Elektro UGJ Rindi Wulandari S.ST., M.Si mengatakan bahwa Prodi Teknik Elektro UGJ setiap tahunnya telah membuat penelitian atau rancang bangun alat tepat guna untuk bisa digunakan masyarakat luas, hal ini bertujuan untuk melaksankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.