TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI (UGJ) CIREBON BERPATISIPASI DALAM LOMBA INOVASI DAERAH KABUPATEN CIREBON TAHUN 2023

TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI (UGJ) CIREBON BERPATISIPASI DALAM LOMBA INOVASI DAERAH KABUPATEN CIREBON TAHUN 2023

27/10/2023

Teknik Elektro

Lomba Inovasi Daerah adalah lomba tahunan yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Cirebon. Lomba Inovasi daerah pada tahun 2023 dibagi dalam dua kategori yaitu kategori inovasi Teknologi dan kategori inovasi non-teknologi. Tujuan dari lomba Inovasi Daerah adalah untuk menjaring dan memacu ide, gagasan serta Inovasi masyarakat untuk menunjang kemajuan di Kabupaten Cirebon.

Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Cirebon  tahun 2023 dari Peserta Lomba yang sudah mendaftar dan mengajukan proposal, maka tahap selanjutnya akan dilakukan Seleksi dan Penilaian Proposal sesuai Kategori Lomba.  Pada hari kamis 12 Oktober 2023 Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) ikut berpartisipasi mengikuti lomba Inovasi Daerah yang didakan oleh Bapelitbangda Kabupaten Cirebon.

Dalam kesempatan kali ini Rindi Wulandari, S.ST., M.Si menjelaskan tentang teknologi Sistem Irigasi Pembangkit Instalasi Tenaga Matahari (SI PITEM) program ini merupakan  solusi untuk mengembangkan teknologi Pertanian, dengan harapan mampu meningkatkan produktifitas pangan.

Sebelumnya teknologi SI PITEM sudah di terapkan di desa Sinarrancang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon pada Bulan Agustus tahun 2022 sampai sekarang. " Rata - rata pertanian di Desa Sinarrancang tergolong sawah tadah hujan dimana masih mengandalkan air hujan untuk proses irigasinya, dan hasil pertaninannya pun hanya sedikit. Dengan teknologi SIPITEM sudah diuji cobakan di Desa Sinarrancang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon,mengairi persawahan seluas 97 hektar dan hasilnya bisa dikatakan meningkat" Jelas Rindi Wulandari.

Dari hasil yang sudah diterapkan di desa Sinarrancang, Rindi Wulandari berharap teknologi SI PITEM ini bisa di kembangkan ke desa - desa lainnya di wilayah Kabupaten Cirebon untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Cirebon.