Kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi SDM Vokasional Bidang Konstruksi di Fakultas Teknik Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ)

Kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi SDM Vokasional Bidang Konstruksi di Fakultas Teknik Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ)

27/10/2023

Fakultas

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta dan Lembaga Sertifikasi Profesi SAKTI melaksanakan kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi SDM D4/S1 Perguruan Tinggi Bidang Konstruksi pada Hari Kamis tanggal 26 Oktober 2023. Kegiatan uji kompetensi/sertifikasi diadakan di Fakultas Teknik UGJ. Peserta dalam uji sertifikasi kompetensi ini meliputi para alumni dari Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UGJ dengan jumlah peserta sebanyak 65 orang. 

Kegiatan ini merupakan implementasi program kegiatan dari Direktorat Jenderal Bina Konstruksi melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta dan Fakultas Teknik UGJ menjadi salah satu universitas terpilih dalam pelaksanaan program tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja konstruksi yang berkompeten melalui sertifikat yang dimiliki khususnya pada bidang konstruksi.  Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan bukan hanya dapat menghasilkan tenaga kerja konstruksi yang memiliki kompetensi tinggi melainkan juga dapat menurunkan kecelakaan kerja di lapangan serta menghindari kegagalan pekerjaan konstruksi. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Direktorat Jenderal Bina Konstruksi dalam menciptakan Konstruksi Berkualitas di Indonesia melalui sumber daya manusia yang berkualitas yang dibuktikan melalui Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi. Manfaat utama dari kegiatan – kegiatan ini yaitu kembali lagi kepada para pekerja konstruksi sehingga dapat meningkatkan profesionalisme dalam bekerja dan meningkatkan kesejahteraan.