Dosen PWK UGJ melakukan Sosialisasi Penataan Kawasan Padat Penduduk dalam Program Community Action Plan (CAP), Kel. Grogol, Jakarta Selatan.

Dosen PWK UGJ melakukan Sosialisasi Penataan Kawasan Padat Penduduk dalam Program Community Action Plan (CAP), Kel. Grogol, Jakarta Selatan.

28/10/2023

Perencanaan Wilayah dan Kota

Dinar Oktaria, ST., M.T, salah satu dosen tetap Prodi PWK UGJ telah melakukan sosialisasi Program Community Action Plan (CAP) untuk mengatasi permasalah permukiman kumuh pada kawasan padat penduduk di Kel. Grogol Jakarta Selatan. Pendekatan berbasis masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan di kawasan permukiman diharapkan dapat meningkatkan efektifitas perwujudan lingkungan hidup yang habitable . Dengan adanya CAP diharapkan masyarakat setempat, tenaga ahli perencana/teknis, dan pemerintah dapat bersama-sama berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan permukiman yang amat dinamis. Menurut Dinar (Dosen Prodi PWK UGJ), terdapat setidaknya 4 RW yang termasuk dalam program CAP yaitu RW 01, RW 08, RW 11, dan RW 12. Kegiatan yang dilaksanakan pada 3 Juli - 27 Oktober 2023 ini menarik antusiasme masyarakat setempat dan menjembatani harapan-harapan masyarakat yang kemudian dimediasi dan disusun dalam sebuah program kerja peningkatan kualitas lingkungan permukiman. Program kerja tersebut kemudian akan langsung diimplementasikan dalam bentuk penataan kawasan dan pembangunan infrastruktur di tahun anggaran 2023. Dengan adanya Program ini diharapkan tercipta perencanaan tata ruang yang inklusif dan menghasilkan peningkatan kualitas hidup secara lebih berkeadilan di masyarakat.